Senin, 24 Juni 2013

Telkom dan BRI wujudkan nomor telepon jadi nomor rekening

Dalam rangka mendukung Program Financial Inclusion, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) gandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sediakan layanan perbankan untuk financial inclusion.


Financial Inclusion sendiri merupakan salah satu kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia untuk menyediakan akses jasa keuangan yang mudah dan murah bagi unbankable people.

Sistem financial inclusion merupakan sistem penyediaan transaksi keuangan berbasis e-Money Server Based menggunakan nomor ponsel sebagai nomor rekening dengan nama "T-Bank" serta perluasan layanan tanpa ke bank menggunakan konsep keagenan.

Jenis layanan dari financial inclusion ini juga beragam meliputi e-money, payments, purchasing, funding dan lending.

Dalam kerja sama ini, Telkom menyiapkan infrastruktur teknis mulai dari sistem hingga aplikasi, yang nantinya akan ikut mendukung segala kebutuhan BRI.

Kepada merdeka.com (Senin (24/6), Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin berharap melalui layanan T-Bank ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat luas, sehingga mampu memberikan sumbangsih dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Fasilitas yang terdapat di agen tersebut diantaranya transaksi registrasi, transaksi penyetoran, transaksi penarikan tunai T-Bank dan beberapa transaksi lainnya.

Agen-agen tersebut adalah nasabah individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI dan Plasa Telkom sebagai agen Bank dalam rangka wujud dari sinergi BUMN.

Secara harfiah, menurut Awaluddin, T-Bank sendiri bisa diartikan sebagai produk yang bisa mengantarkan penggunanya untuk menikmati layanan perbankan tanpa perlu jadi nasabah bank atau tanpa perlu pergi ke Bank.

"Caranya cukup simple, hanya ponsel biasa, tidak harus smartphone, dengan menggunakan aplikasi USSD (Unstructured Supplementary Service Data) teknologi seluler GSM atau yang biasa dikenal sebagai "Layanan Bintang Pagar".

Untuk cara melakukan trnsaksi sendiri adalah dengan tekan *212#, tekan call, maka akan muncul menu: (1). Registrasi, (2). Info saldo, (3). Pesan kode akses (untuk pengambilan di Agen atau di ATM Bank BRI), (4). Ubah PIN, (5). Transfer antar nomor ponsel, (6). Informasi produk dan promo lainnya.

"BRI adalah mitra perbankan kami yang pertama yang didukung oleh Telkom untuk implementasi layanan bank berbasis branchless banking", ujar Awaluddin.

"Selanjutnya, Telkom berniat mengimplementasikan layanan T-Bank ini untuk agen-agen Telkom yg sudah bergabung dalam program Indonesia Digital Finance (IndiFinance) Telkom", lanjut Awaluddin.

Telkom sendiri menargetkan 100 ribu electronic delivery financial agent dalam program IndiFinance di 2013 ini.

Saldo maksimal untuk rekening T-bank yang teregistrasi melalui ponsel adalah sebesar Rp 1 juta, sementara untuk yang teregistrasi melalui Agen sebesar Rp 5 juta. Pada saat ini, nomor ponsel yang dapat didaftarkan sebagai rekening T-Bank adalah Telkomsel dan selanjutnya akan dikembangkan pada provider lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar