Senin, 24 Juni 2013

6 Negara di Dunia yang Paling Sedikit Pengunjungnya

Prancis dan AS adalah dua negara yang paling banyak pengunjungnya, 76 juta dan 59 juta wisman pada tahun 2012. Tapi nasib 6 negara ini berbanding terbalik. Pengunjungnya paling sedikit, tak sampai 7.000 wisman per tahun.

Dari Tourism Review, berikut 6 negara yang paling sedikit dikunjungi wisatawan. Penyebabnya adalah isu terorisme, penyakit, akses yang terpencil, infrastruktur, dan lain-lain. Sebagai perbandingan, tahun lalu Indonesia kedatangan 8 juta wisman.

6. Equatorial Guinea


Ini adalah negara terkecil di Afrika Tengah, luasnya hanya 28 Km2. Pada 2012, hanya 6.000 turis yang datang ke sana.

Hukum dan peraturannya sangat ketat. Visa turis hampir mustahil didapat. Kalaupun beruntung mendapat visa turis, Anda tak boleh memotret apa pun termasuk Istana Presiden. Yang menarik, mungkin inilah satu-satunya negara di Afrika yang penduduknya berbahasa Spanyol.

5. Marshall Islands


Negara yang terletak di utara Samudera Pasifik ini punya perairan sebening kristal. Sayang, letak yang terpencil membuat Marshall Islands sulit dijangkau wisatawan.

Tahun 2011, pengunjung negara ini hanya 5.000 orang. Wisatawan bisa snorkeling dan diving sepuasnya di antara pulau-pulau atoll. Berhubung terpencil, tak heran biaya akomodasi di negara ini cenderung mahal.

4. Kiribati


Negara kepulauan di Samudera Pasifik ini adalah surga bagi traveler pecinta laut. Memancing, diving, snorkeling, dan voli pantai adalah aktivitas favorit di Kiribati.

Sayang, akses menuju kepulauan ini sangat sulit didapat. Penerbangan langsung pun tak ada, hanya kapal sewaan yang bisa menjangkaunya. Tahun 2011, pengunjungnya hanya 4.700 turis.

3. Tuvalu


Tahun 2011, pengunjung Tuvalu hanya 1.200 orang saja. Negara mungil di Samudera Pasifik ini dipenuhi pantai berpasir putih dan pohon-pohon kelapa.

Namun pakar lingkungan menyatakan, Tuvalu bisa jadi korban pertama akibat pemanasan global. Pulaunya perlahan tenggelam oleh permukaan air laut. Pemerintah sedang berencana membeli tanah baru untuk memindahkan para penduduknya.

2. Somalia


Negara di Afrika ini terkenal oleh konflik, perang, pemerintahan yang tidak stabil, dan peraturan yang sangat ketat. Tak heran pada 2012, pengunjungnya hanya 500 orang saja.

Saat ini beberapa aspek di Somalia mulai berkembang, termasuk bisnis dan kunjungan wisatawan.

1. Nauru


Kalau punya fisik yang kuat, Anda bisa berlari mengelilingi Nauru. Negara di selatan Samudera Pasifik ini hanya seluas 21 Km2, penuh pantai-pantai berpasir putih yang cantik.

Memancing, snorkeling dan diving jadi aktivitas favorit turis di sini. Tapi lagi-lagi, lokasi yang terpencil menyulitkan wisatawan untuk datang ke sini. Negara terdekat adalah Kiribati, itu pun 300 Km jauhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar