Senin, 25 Maret 2013

Mengaku Wanita, Blogger Sains Ini Mengejutkan 4,2 Juta Pengikutnya

Apakah Anda pernah mendengar halaman Facebook bernama I F***ing Love Science? Bila Anda salah satu penggemar berat sains pasti Anda sudah sering mengklik halaman yang mengulik tentang serba-serbi tentang makhluk hidup dan seisinya ini.


Sains yang secara umum dianggap menjadi bidang dominasi pria terbantahkan ketika sang pemilik akun membeberkan jenis kelaminnya. Melalui postingan tentang akun twitternya, sang pemilik memperkenalkan dirinya sebagai Elise Andrew, seorang sarjana lulusan Biologi dari Universitas Sheffield.

Perkenalan dirinya ini ternyata mengundang komentar-komentar pedas dari para seksis seperti: "S**l! dia perempuan ?!!", "Aku malu mengetahui kamu adalah perempuan." Mereka seakan tidak percaya bahwa wanita memilki kemampuan dan ketertarikan yang begitu besar terhadap ilmu pengetahuan alam.

Tentu saja, blogger kewarganegaraan Inggris ini langsung menyikapinya dengan tulisan di twitter "SETIAP KOMEN yang dilontarkan selalu tentang keterkejutan bahwa aku adalah perempuan! Ini tahun 2013 kan?" Ia benar-benar tidak percaya di zaman yang modern, di mana semua orang mempunyai hak untuk meraih dan mendapatkan persamaan, reaksi tersebut masih bermunculan.

Namun, di antara banyaknya komentar pedas, Ia pun memiliki fans setia yang berpikiran terbuka dan mendukung kiprahnya sebagai blogger sains perempuan, salah satunya, "Kamu perempuan DAN kamu cantik? Wow, hal itu membuatku semakin menyukai sains."

Terlepas dari pro dan kontra yang berkembang, sebenarnya inisiatif membuat halaman Facebook yang khusus menampilkan fakta dan berita imiah ini datang ketika temannya sering mengeluh karena "feed" Facebooknya penuh dengan posting yang menjadi ketertarikan besarnya itu. Ia pun mengemasnya secara menarik dengan foto-foto dan komentar cerdas. Tak heran, ia mendapat sambutan hangat dan mempunyai 4,2 juta pengikut serta memperoleh seribu "likes" sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar