Kamis, 28 Maret 2013

4 Kota Terbaik di Eropa untuk Liburan 24 Jam

Paris, Berlin, Amsterdam dan London adalah destinasi wisata utama di Eropa. Jika Anda sedang berada di sana karena urusan kerja atau bisnis dan hanya punya waktu kosong 24 jam, jangan kuatir. Ada acara menikmati kota terbaik di Eropa ini dalam 24 jam.

detikTravel pernah menjelajah Paris, Berlin, Amsterdam dan juga London dalam beberapa kesempatan yang berbeda. Kota-kota ini besar dan luas, serta menawarkan aneka destinasi wisata yang menarik. Meski demikian, kota-kota ini bisa dinikmati 24 jam.

1. Berlin, Jerman


Berlin adalah kota wisata sejarah Perang Dunia II, tapi ada juga aneka museum yang asyik dan landmark keren. detikTravel merekomendasikan perjalanan Anda dimulai dengan naik bus tingkat nomor 100 dari Terminal Bus Zoologischergarten, yang melewati mayoritas objek wisata dan landmark Berlin. Jadinya, ini semacam bus sightseeing. Zoologischergarten sendiri adalah kawasan belanja suvenir yang lebih murah dari tempat lain di Berlin.

Bis ini memiliki rute Zoologischer Garten-Alexanderplatz. Sepanjang jalan, wisatawan akan melihat gereja Gedaechtnistkirche, yang hancur dibom saat Perang Dunia II. Setelah itu bus meluncur ke taman Tiergarten, gedung DPR Jerman Bundestag, berakhir di kawasan belanja Alexanderplatz.

Menjelang siang, jalan-jalan saja dari Alexanderplatz ke Museumsinsel. Ini adalah pulau di tengah sungai Spree yang memiliki 5 museum dan gereja Berliner Dom. Dari situ, pergilah menyusuri Jalan Unter den Linden sampai Monumen Brandenburger Tor, landmark Kota Berlin.

Siang harinya, berjalanlah menyusuri bekas pondasi Tembok Berlin sampai Postdamerplatz. Di sini ada tempat gaul Sony Center dan jangan lupa, sisa tembok Berlin yang sengaja tidak dihancurkan untuk menjadi saksi sejarah. Tapi, kalau ingin tahu bekas pos perbatasan Jerman Barat dan Jerman Timur, wisatawan wajib datang ke Checkpoint Charlie. Habiskan sore Anda di sini.

Saat malam datang, ikuti kebiasaan warga dan mahasiswa Indonesia di Berlin. Mereka suka makan malam di Restoran El Reda di Huttenstrasse. Ini adalah restoran khas Libanon dengan menu andalan Kubideh, semacam nasi mandi dengan daging cincang kebab. Saat melewatkan malam di El Reda, jangan heran kalau nanti bertemu warga Indonesia.

2. Paris, Prancis


Olala, ini dia Kota Cinta! Paris punya atmosfer romantis dan pastikan Anda menikmatinya. Mulailah pagi di Paris dari bukit Montmarte. Di puncak bukit ada gereja Basilica Sacre-Coeur. Nongkrong di pelatarannya sambil menikmati croissant dan segelas kopi. Pemandangannya adalah seantero Kota Paris, keren bukan?

Menjelang siang, turunlah dari bukit Montmarte menuju Gereja Notre Dame yang legendaris. Kalau perut lapar, detikTravel menyarankan pergilah ke jalan kecil Rue de la Huchette di seberang Katedral Notre Dame melintasi Sungai Seine. Sepanjang jalan kecil ini berjejeran aneka restoran untuk wisata kuliner Anda.

Lepas siang hari, saatnya menuju Menara Eiffel. Turunlah dari stasiun Metro Bier Hakim dan jalan kaki ke Menara Eiffel. Dari jauh saja, menara romantis ini sudah mengundang Anda untuk datang. Tempat yang paling enak untuk menikmati Eiffel adalah Taman Champ de Mars dan nikmatilah suasana. Kalau Anda jomblo, sabar ya kalau melihat pasangan yang berciuman mesra. Nah, kalau sore hari, nikmatilah Taman Jardin de Tuileries. Belilah crepes khas Prancis dan duduk bareng bersama Parisian menikmati kolam bundar di tengah taman sampai malam datang. Begitu hari agak gelap, detikTravel menyarankan Anda pergi ke Museum Louvre.

Ke Museum Louvre malam-malam? Benar. Kalau Anda berada di Paris pada hari Rabu atau Jumat, tiket Museum Louvre dijual hanya 6 Euro atau Rp 72.000 setelah pukul 18.00 dan museum sudah lebih sepi. Bahkan Anda tidak perlu berebutan untuk berfoto dengan Monalisa. Tapi kalau bukan hari Rabu dan Jumat, nikmati saja gemerlap malam di Teater Moulin Rouge.

3. Amsterdam, Belanda


Amsterdam adalah kota paling ramai di Belanda yang sering juga dikunjungi traveler Indonesia. Untuk menikmati kota ini, detikTravel malah menyarankan Anda memulai pagi dari Vollendam. Kota ini tidak jauh dan bisa ditempuh dengan bus.

Nikmatilah kota pelabuhan kecil ini mumpung masih pagi. Anda bisa belanja oleh-oleh karena lebih murah dari di Amsterdam. Anda juga bisa berfoto dengan baju tradisional Belanda. Jangan lupa jajan poffertjes, asli buatan Belanda.

Menjelang siang, kembalilah ke Amsterdam. Tujuan selanjutnya adalah Museumplein. Ini adalah alun-alun besar dengan aneka museum keren yang mengelilinginya. Sebut saja Rijkmuseum dan Stedelijk Museum. Nah di Museumplein ini, wisatawan wajib berfoto di monumen bertuliskan 'I Amsterdam' yang terkenal.

Saat sore hari, ayo nongkrong bareng bersama wisatawan dan warga Amsterdam lain di Dam Square. Di alun-alun yang ramai ini ada Museum Madame Tussauds. Wisatawan juga bisa berjalan ke Jalan Raadhuisstraat untuk menikmati pemandangan kanal khas Belanda.

Nah, begitu malam datang cobalah jalan-jalan di kawasan Red Light District Amsterdam. Suasana gemerlap khusus orang dewasa itu begitu ramai wisatawan. Banyak yang penasaran bagaimana kehidupan di kawasan lampu merah Amsterdam dengan aneka PSK bergaya di balik etalase menggoda setiap orang yang lewat.

4. London, Inggris


London punya banyak tempat wisata asyik, tapi bukan artinya tidak bisa dinikmati dalam 24 jam. Usai menikmati sarapan English Breakfast segera menuju Trafalgar Square, alun-alun paling terkenal di London. Lihatlah bagaimana kota ini menggeliat di pagi hari.

Menjelang siang, pergilah Westminster untuk melihat Gedung Parlemen Inggris dan Clock Tower yang sering disebut Big Ben. Di sini juga ada Gereja Westminster Abbey yang sangat terkenal. Di gereja ini, Pangeran William menikahi Kate Middleton, jadi Anda harus datang ke tempat bersejarah ini.

Ini dia landmark London yang paling terkenal. Tidak jauh dari situ, di seberang Sungai Thames, ada London Eye. Bianglala raksasa yang menjadi ikon terbaru Kota London. Nikmatilah suasana siang hari dengan pemandangan seantero Kota London dari ketinggian.

Sore hari pun datang, saatnya pergi ke Tower of London dan Tower Bridge yang terkenal dan menjadi ikon Kota London. Malam datang, saatnya menikmati kemeriahan London di kawasan Soho. Susurilah Piccadilly Circus sampai Covent Garden, dimana aneka restoran, toko suvenir, aneka bar siap memeriahkan akhir dari petualangan Anda di London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar