Rabu, 27 Maret 2013

6 Cara Mudah Bebas dari Stres

Tekanan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari bisa membuat seseorang menjadi stres. Dan salah satu cara yang kerap dilakukan para wanita untuk mengurangi stres ini adalah menghabiskan waktu selama seharian di spa, atau liburan ke luar kota.


Namun seperti diketahui, kegiatan tersebut memakan waktu lama dan tentu saja menguras kantong Anda. Padahal stres sebetulnya bisa disiasati dengan melakukan hal-hal sederhana yang tak pernah Anda sadari sebelumnya.

Berikut adalah enam cara mudah bebas dari stres seperti dilansir laman Huffington Post:

Mendengarkan suara alam

Menurut pakar stres dan pendiri Mindful Living Network, Dr. Kathleen Hall, suara alam bisa digunakan untuk mengurangi stres. Ia pun menyarankan agar mereka yang terkena stres untuk duduk selama 1-3 menit sambil mendengar suara alam, seperti laut, hutan hujan, dan aliran sungai.

"Ada beberapa aplikasi hebat yang memiliki suara paus atau burung. Itu dengan segera menghentikan produksi hormon stres," ujarnya.

Tertawa

Anda bisa menonton video tentang tingkah laku hewan yang konyol atau sekadar membaca lelucon lucu untuk memancing tawa. Dengan tertawa, otot-otot akan menjadi lemas dan otak pun melepaskan hormon endorfin.

Bernapas dalam-dalam

Cara ini mungkin terdengar sederhana. Namun bernapas dalam-dalam selama satu menit, bisa menyegarkan pikiran dan tubuh Anda. Penelitian yang dilakukan dilakukan Dr. Herbert Benson dari Harvard University pada 1970-an, menemukan bahwa meditasi yang fokus pada pernapasan memiliki kekuatan mengubah respons stres tubuh dan mengaktifkan 'respons relaksasi'. Untuk mencoba cara ini, Anda bisa duduk di sebuah tempat sepi selama satu menit. Kemudian fokus menarik dan mengeluarkan napas dalam-dalam guna melepaskan pikiran yang menganggu.

Menghirup minyak asiri atau aromaterapi

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Holistic Nursing Practice pada tahun 2008, minyak asiri mampu mengurangi tingkat stres pada perawat yang bekerja di unit perawatan intensif. Nah, Anda bisa menaruh minyak asiri dengan aroma ylang ylang, peppermint, atau lavender di meja kerja ketika gejala stres mulai muncul.

Memijat leher dan bahu

Memijat leher dan bahu secara perlahan bisa menenangkan otot-otot yang tegang dan mengurangi stres. Namun, pastikan kegiatan ini dilakukan bukan ketika Anda berada di depan komputer.

Ambil waktu beberapa menit untuk berhenti dari aktivitas. Pusatkan pikiran dan rasakan pijatan pada leher dan bahu untuk melepasa ketegangan.

Dansa

Gerakan bebas dan peregangan yang ditemui pada dansa bisa membantu melepaskan ketegangan dan meningkatkan semangat. Dansa merupakan cara yang menyenangkan untuk meredakan stres bagi banyak orang. Cukup dengan lagu favorit Anda dengan headphone lalu menjauh dari komputer. Biarkan tubuh Anda mengikuti irama lagu selama satu menit.

1 komentar:

  1. cara mudah menghindari stress salah satunya menyadari, permasalahan yang ada adalah tanda dari Tuhan kita dipercaya menjadi pribadi yang makin meningkat dengan bentuk masalah tersebut sebagai bukti kemampuan kita makin meningkat
    www.7delapan.com

    BalasHapus