Selasa, 16 April 2013

6 Pajak Paling Aneh di AS yang Bisa Dijumpai Wisatawan


Adanya pajak yang dikenakan saat berlibur ke luar negeri memang umum terjadi. Tapi, Amerika Serikat punya 6 pajak aneh yang bisa buat traveler bingung. Apa saja ya?

Pajak untuk tutup secangkir kopi yang dijual, hanyalah satu dari 6 pajak aneh yang harus dibayar saat Anda berada di Amerika Serikat. Pajak ini tidak akan menguras isi dompet, tapi bisa membuat Anda berkata, "Hah?" Dari situs Huffington Post, Selasa (16/4/2013), berikut adalah 6 pajak aneh yang bisa traveler temukan saat berlibur di Amerika Serikat:

1. Pajak blueberry di Maine

Blueberry menjadi bisnis besar yang di Maine. Daerah ini rata-rata menghasilkan 36-39 juta kg per tahun panen blueberry. Bila berlibur saat musim panas, Anda akan dikenakan oajak untuk buah ini. Siapapun menanam, mengolah, menjual, atau membeli buah ini harus membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Maine.

2. Pajak kartu remi di Alabama

Meski beberapa negara mengenakan pajak untuk perjudian, Alabama juga punya pajak untuk kartu. Bila Anda membeli kartu remi akan dikenakan pajak sebesar US$ 0,1 (Rp 971) per bungkus. Pajak tersebut tetap diberikan, meski tujuan Anda membeli kartu hanya sebagai hiburan saat traveling.

Namun, bila pajak ini dirasa tidak adil Anda harus tahu kalau pembeli juga dikenakan pajak. Untuk penjual kartu akan dikenakan pajak US$ 1 (Rp 9.700) per bungkus.

3. Pajak mesin penjual buah di California

California memang terkenal sebagai surga penghasilan para petani dan restoran yang menyediakan buah lokal nan segar. Sebenarnya, buah segar di sini bebas pajak, tapi tidak dengan setiap irisan yang dijual di mesin penjual buah otomatis. Bila Anda terpaksa harus membeli buah dari mesin tersebut, akan dikenakan pajak sebesar 33 persen.

4. Pajak tutup kopi di Colorado

Memesan kopi untuk dibawa pulang dari warung kopi di Denver, Colarado, traveler tidak akan dikenakan biaya ekstra untuk cangkir kertas yang digunakan. Akan tetapi, bila membutuhkan tutup cangkir Anda justru akan dikenakan pajak untuk mendapatkannya.

Ternyata, tutup kopi dan serbet di Colarado kemasan 'tidak penting'. Sehingga, kedua benda ini dikenakan pajak sebesar 2,9 persen.

5. Pajak balon udara di Kansas

Tidak seperti wahana hiburan pada umumnya, balon udara akan mengajak Anda berlama-lama menikmati panoram dari atas ketinggian. Tapi, di Kansas Anda akan dikenakan pajak saat naik balon udara. Sementara berkat Undang-undang Anti Pajak, pengendali balon udara terbebas dari pajak.

6. Pajak tato, tindikan dan elektrolisis di Arkansas

Bila Anda sedang mencari suvenir perjalanan yang permanen, Arkansas bukanlah negara bagian yang baik untuk membuat tato. Pada tahun 2005, semua tato, tindikan tubuh, dan elektrolis dikenakan pajak sebesar 6 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar