Jumat, 19 Juli 2013

5 Bentuk Kue yang Unik

Dunia kuliner dan produk makanan tidak hentinya menawarkan konsep, tampilan, bentuk dan rasa yang baru. Sehingga selain sebagai makanan penawar lapar, kini makanan pun menjadi media seni. Bentuk kue yang dulu cenderung kaku, sekarang bisa berbentuk apapun dengan lapisan yang berwarna-warni. Berikut 5 bentuk kue yang unik:

1. Kue Berbentuk Peralatan Jahit
Sobat unik kue yang menyerupai seperangkat alat jahit ini merupakan kreasi dari seorang juru masak, Meg Davis dari North Devon District Hospital. Mulai dari warna, bentuk hingga penataannya pun sangat mirip dengan satu kotak alat jahit. Jarum, kancing, gunting, renda, meteran dan resleting semuanya dapat dimakan. Berdasarkan pengakuannya, Meg membutuhkan waktu sekitar 30 jam untuk menyelesaikan kue ini. Dengan menggunakan bahan Madeira dan sugar paste, kue alat jahit ini lembut di dalam mulut.
Meg Davis sendiri merupakan seorang pembuat chef berpengalaman yang telah memenangkan beberapa penghargaan di bidang kulinar. Ia pernah meraih National Gold Award, serta penghargaan di acara Salon Culinaire.

2. Kue Negeri Makanan
Sobat unik desain kue yang satu ini adalah karya dari Carl Warner, seorang fotografer makanan asal Inggris. Dalam bukunya ‘A World of Food’’ membuktikan bagaimana sebuah kue bisa dijadikan sebagai karya seni. Di dalam buku tersebut Carl mencoba memperlihatkan keindahan sebuah negeri yang seluruh materinya terbuat dari bahan makanan. Ada jembatan yang terbuat dari mentimun, kereta api dari cokelat, rumah dari permen, balon udara dari pisang, piramida yang terbuat dari keju dan pepohonan dari lollipop. Pokoknya bikin Sobat unik ngiler deh!
Carl seorang Liverpudlian membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terlebih ia melakukannya seorang diri. Mulai dari mengumpulkan bahan, menyusun bentuk hingga mengolesi lem, ia lakukan sendiri. Tujuan Carl membuat negeri kue dan permen ini adalah anak-anak memikirkan kembali apa yang mereka makan.

3. Roti Dengan Konsep Fesyen Keluarga Kerajaan (Royal Collection)
Sobat unik kue yang satu ini merupakan kreasi dari para chef di Hotel Berkeley, London, Inggris. Mereka membuat kue dengan menyerupai kostum, pakaian yang biasa dikenakan oleh para anggota keluarga kerajaan. Mereka menamai kreasi kuenya dengan ‘Royal Collection,’ ada yang berbentuk mahkota Ratu Elizabeth, tas yang digunakan oleh Ratu Elizabeth saat berada di Kanada. Topi warna pink milik Duchess of Cambridge, Catherine, pun tak luput menjadi desain kue yang unik.
Semua topi, mahkota dan pernak-pernik dari the Royal Collection ini disajikan pada saat perjamuan minum the di Caramel Room, Hotel Berkeley. Dan kue unik ini dibuat dalam rangka Hari Perayaan Her Majesty, yang telah memerintah Kerajaan Inggris Raya selama 6 Dekade

4. Kue Pengantin yang Unik
Jika Sobat unik mengenal kue pengantin itu hanya bertingkat biasa, namun sekarang kue pengantin tidak lagi kaku bahkan sangat artistik dengan ragam tema. Ada sebuah pengantin dengan bertemakan gedung bertingkat di Ajang Kompetisi Kue di San Deigo Cake Club Show. Kue pengantin yang unik tersebut berlantai tiga, di dalamnya diperlihatkan setiap detail ruangan lengkap dengan furnitur dan perlengkapan rumah lainnya.
Ada juga kue pengantin yang berbentuk guci keramik yang indah, mulai dari warna, bentuk dan relief khasnya guci China. Ada pula kue pengantin bertemakan laut, lengkap dengan ikan, karang, rumput laut dan juga kerang. Namun yang lebih menarik lagi kue dengan bentuk Puteri Duyung, meski hanya bagian tubuh atasnya saja kue ini benar-benar mirip manusia.

5. Kue Berbentuk Otak Manusia
Nah Sobat Unik kue yang terakhir ini bentuknya menyerupai isi kepala manusia, yakni otak. Seperti bahan kue pada umumnya, kue otak ini dibuat dari tepung, kemudian diberi hiasan gula halus, saus strawberry, cokelat dan banyak lagi. Ukuran dan bentuk kue otak pun bervariasi ada yang dijadikan cupcake, kue tart, kue cokelat dan kue yang di atasnya tertancap pisau betulan.
Sobat unik tentunya kue otak ini cocok disajikan pada hari Halloween, karena bentuknya mengerikan dan menjijikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar