Kamis, 30 Mei 2013

Unik! Rumah Sakit Jiwa Jadi Museum di Venesia

Pernahkah Anda berkunjung ke destinasi yang tidak biasa? Cobalah berkunjung ke Pulau San Servolo di Venesia. Satu pulau di kota cantik ini sekarang telah menjadi museum rumah sakit jiwa!


Ditengok dari detikTravel, Atlas Obscura, pulau ini dikenal sebagai "Pulau Gila". Pulau San Servolo telah menjadi pulau rumah sakit jiwa di Venesia selama 250 tahun.

Rumah sakit jiwa ini dibuka pada tahun 1725 dengan maksud agar semua orang gila dapat ditampung di sini. Lebih dari 200 pasien berada di sini dan tak satupun akan bisa keluar dari Pulau San Servolo.

Tahun 1978, rumah sakit jiwa ini ditutup menyusul perubahan dalam hukum Italia. Lalu pemerintah Venesia menciptakan "Istituto per le Ricerche e gli Studi sull'Emarginazione Sociale e Culturale", sebuah institut studi sosial dan budaya untuk melestarikan dokumen yang terkait dengan sejarah rumah sakit.


Pada tahun 2006 rumah sakit jiwa ini dibuka kembali! Namun Anda tidak perlu khawatir. Tempat ini bukan dibuka kembali sebagai rumah sakit jiwa, melainkan sebagai museum yang didedikasikan untuk sejarah rumah sakit jiwa.

Museum ini menampilkan peralatan dari rumah sakit jiwa, serta teater anatomi. Di dalamnya dibagi menjadi sembilan ruangan yaitu laboratorium, ruangan rawat jalan, ruangan mendidik, ruang terapi penyakit, ruang belenggu, bangsal orang sakit, farmasi, dan teater anatomi.


Arsip di museum ini memegang album foto pasien dari 1874 sampai abad ke-20, termasuk 13.695 piring kaca. Sedangkan perpustakaannya memegang koleksi yang ditinggalkan oleh Rumah Sakit Jiwa San Servolo dan San Clemente, termasuk hasil karya agamais dari abad ke-16 sampai abad ke-18.

Ada juga sebuah taman yang luas dengan tanaman langka dan pohon-pohon yang pernah memasok apotek. Hebatnya selain menjadi museum, saat ini berdiri Venice International University di Pulau San Servolo. Universitas ini dibuka pada tahun 1995. Jadi, berani berkunjung ke pulau sakit jiwa ini?

1 komentar:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus