Kamis, 21 Februari 2013

Jam Kerja yang Panjang Jadi Alasan Utama Orang Malas Olahraga

Ada-ada saja alasan orang untuk malas atau enggan berolahraga. Padahal bugar dan aktif sepanjang hari dan setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker dan demensia, tapi 94 persen responden sebuah survei terbaru tidak menganggap kebugaran fisik sebagai aspek terpenting dalam hidup mereka.


Yang mengejutkan, survei yang dilakukan di Inggris ini mengungkap bahwa satu dari 10 responden mengaku tak pernah melakukan latihan fisik apapun selama lebih dari satu dekade (10 tahun). Bahkan seperlima responden mengaku terakhir kali aktif melakukan kegiatan fisik saat masih sekolah atau kuliah dan hanya seperempat responden yang mengklaim rajin olahraga dalam seminggu belakangan.

Dari survei yang melibatkan 2.000 orang itu pun diketahui bahwa jam kerja yang panjang adalah alasan utama bagi 41 persen responden untuk mengesampingkan olahraga diikuti dengan mengasuh anak (33 persen).

Menikah juga dijadikan alasan bagi 22 persen responden untuk tidak lagi rajin berolahraga.

"Jika fisik Anda tidak aktif, maka risiko Anda untuk terkena serangan jantung akan meningkat," kata peneliti Ellen Mason dari British Heart Foundation seperti dilansir dari medindia, Jumat (22/2/2013).

"Lain halnya jika Anda terus aktif dan bugar, karena dengan begitu Anda dapat mencegah dan mengelola berbagai kondisi kesehatan yang dapat menumbuhkan risiko penyakit kardiovaskular. Lagipula jantung Anda juga berupa otot jadi jika Anda berolahraga, ia akan mendapatkan manfaat lebih dari aktivitas itu," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar