Sabtu, 26 Januari 2013

8 Rahasia Repsol Honda RC213V MotoGP 2013

Beberapa waktu yang lalu, salah satu pabrikan motor khusus balap MotoGP, Honda Racing Corporation memperkenalkan senjata baru mereka untuk musim 2013 ini. Repsol Honda RC213V 2013 merupakan tunggangan yang bakal digeber oleh kedua pembalap mereka, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Pada dasarnya RC213V terbaru ini merupakan kelanjutan proyek besar RC212V pada tahun 2012. Namun sosoknya kini semakin disempurnakan terutama pada bagian sektor mesin, disamping itu juga perubahan desain dan striping dengan kombinasi warna khas Repsol Honda yang semakin fresh.

Penasaran dengan tunggangan balap Pedrosa-Marquez terbaru ini, simak rahasianya:

1. Mesin

HRC mengadopsi 4 silinder mesin 'V' dengan kapasitas 1.000cc untuk RC213V 2013 ini. Mesin terbaru ini dirancang khusus untuk turun balapan selama 18 seri di musim 2013, sedangkan untuk keseluruhan mesin yang disediakan berjumlah 6 mesin.




HRC telah meninjau semua detail dari mesin baru RC213V ini, sehingga lebih ringan dan dan efisiensi kinerja mesin. HRC mengklaim juga bahwa konsumsi bahan bakar RC213V lebih efisien daripada RC212V, dan telah diuji lebih dari 2.000 km dari pengujian daya tahan.

2. Spesifikasi

Spesifikasi Honda RC213V 2013, sebagai berikut:


  • Panjang (mm) 2,052
  • Lebar (mm) 645
  • Tinggi (mm) 1,110
  • Wheelbase (mm) 1,435
  • Road clearance 115
  • Berat (kg) sesuai dengan regulasi FIM
  • Mesin 1000cc, liquid-cooled, four-stroke, DOHC 4 valve, V-4
  • Tenaga 230 hp atau170 KW
  • Rangka aluminum twin-tube
  • Wheels Front (inch) 16.5
  • Wheels Rear (inch) 16.5
  • Suspensi Depan Telescopic fork
  • Suspensi Belakang Pro-link
  • Kapasitas BBM 21 liter

3. Rem

Rem depan berbahan serat karbon depan disediakan oleh Brembo. Rem karbon bekerja dengan baik ketika panas bahkan masih berfungsi ketika suhu mencapai 400 derajat Celsius.





Sedangkan untuk kondisi trek basah RC213V bergantung pada merek Yutaka dengan rem disk berbahan baja.

4. Roda

Ban MotoGP ini disediakan secara eksklusif oleh Bridgestone. Setiap pengendara diperbolehkan menggunakan maksimal 19 ban slick selama setiap akhir pekan grand prix dan 8 ban basah, atau sepuluh jika setiap sesi dianggap basah.




Setiap akhir pekan grand prix, ban slick Bridgestone tersedia dalam dua senyawa dan ban basah yang tersedia hanya dalam senyawa tunggal.

Ukuran ban adalah:

  • Ban depan ukuran: 125/60R16.5
  • Ban belakang: 190/65R16.5


5. Bodi



Bodi RC213V 2013 menggunakan bahan serat karbon ringan yang memainkan peran penting aerodinamis. RC213V 2013 memiliki fairing yang dimodifikasi untuk mencapai kompatibilitas maksimum.

6. Suspensi

RC213V 2013 ini dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang merek Ohlins. Suspensi berfungsi untuk menjaga traksi ban dengan jalan dan menjaga kestabilan motor dalam setiap seri balapan.

Perlu diketahui juga bahwa setiap pembalab Repsol Honda (Pedrosa-Marquez) diberikan masing-masing tim khusus dari merek Ohlins, guna memaksimalkan kinerja suspensi sesuai dengan karakter masing-masing pembalap.

7. Sasis

Untuk sasis RC213V 2013 telah dimodifikasi untuk mencapai keseimbangan optimal dan dirancang untuk mencapai kompatibilitas maksimum Sasis twin-spar aluminium dipilih untuk roda belakang karena berbobot sangat ringan.

Hal ini guna menunjang 'beringasnya' mesin bertenaga 230 hp, RC213V 2013. Untuk kekuatan sasisnya sendiri sudah teruji, dirancang untuk meningkatkan cengkeraman ban.

8. Konsep

Konsep dari 2013 RC213V merupakan lanjutan dari proyek 2012 dengan pemusatan riset untuk menyempurnakan setiap bagian dari mesin.

Konsep pemusatan riset Honda ini bertujuan untuk menciptakan mesin dengan karakteristik yang optimal dengan menggabungkan beberapa aspek. Seperti stabilitas, kelincahan, ketahanan serta manuver yang maksimal di lintas balap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar